Rabu, 03 April 2013

Kasih Sayang Tidak Terbatas Usia

(Manusia dan Cinta Kasih)


Sudah hakikatnya semua manusia terlahir ke dunia ini dengan memiliki akal fikir, rasa kasih sayang serta budi pekerti. Budaya di masyarakat kita yang masih diwarnai warisan norma-norma yang cenderung konservatif tidak semuanya harus dianggap mutlak dan harus tetap berlaku dimasa sekarang ini. Perbedaan masa dan rentang waktu serta perubahan iklim budaya sebenarnya juga tidak perlu ditolak selama masih dalam batas kewajaran tata nilai agama. Soal pernikahan misalnya, para orang tua selalu beranggapan bahwa dengan alasan kedewasaan, kebijaksanaan dan juga soal kepatuhan seorang istri terhadap suami, maka calon suami haruslah lebih tua usianya dari calon istrinya. Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika kemudian diketahui usia pasangan orang-orang tua terdahulu sering kali terpaut jauh antara suami dan istri..
           
Kebiasaan itu berlangsung secara turun temurun mengikuti orang tuanya, namun seperti yang kita ketahui zaman telah berubah dan aturan-aturan yang berlaku pun mulai bergeser meski juga tidak menyalahi norma yang tetap dianggap baku. Mulailah kemudian trend yang berkembang adalah pernikahan dengan usia yang relatif sama. Sementara disisi lain, tidak sedikit ditemui pasangan-pasangan yang tidak mempedulikan faktor usia tersebut apalagi untuk kalangan artis.
           
Seperti layaknya sosok pedoman untuk masyarakat, ada beberapa selebritis tanah air kita yang memilih menjalani suatu hubungan percintaan dengan wanita yang lebih tua dari usianya. Hal ini menjadi semakin lumrah saja untuk dilakukan oleh setiap orang, memang kalau sudah bicara soal perasaan itu sudah sangat privacy sehingga menjadi hak setiap orang yang merasakan dan menjalaninya.

Memang indah rasanya bila seseorang sudah merasakan yang namanya jatuh cinta. Ketika ada orang lain yang mencibir, tetap saja tidak akan berpengaruh dengan hubungan yang sedang dijalani. Oleh sebab itu kita harus dapat menerima pilihan yang sudah di ambil oleh orang lain dan janganlah mempermasalahkannya karena setiap orang memiliki hak masing-masing di karena kan mereka sendiri yang merasakan dan menjalaninya.

Setiap orang memiliki hak untuk memilih pasangan hidup, hal ini di karenakan perasaan kasih sayang itu tidak pernah mengenal tempat, latar belakang, dan batasan usia. Semakin banyak kesamaan yang Anda miliki dan semakin tinggi komitmen yang Anda sepakati, semakin besar pula peluang yang Anda miliki untuk bisa mempertahankan hubungan itu. Jadi, kenapa tidak?.

www.eramuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A.C. Milan