Senin, 02 Januari 2012

Penjabaran Tentang Definisi Beserta Fungsi dari SIM (Sistem Informasi Manajemen)

Pendahuluan
Seperti yang sudah kita ketahui SIM bukanlah merupakan hal yang baru lagi pada masa ini. Ruang lingkup SIM sebenarnya tercangkup dalam tiga kata pembentuknya, yaitu : “Sistem”, “Informasi”, dan “Manajemen”.
Sehingga bila kita telaah lebih dalam pembahasan ini dapat terlihat dari ketiga kata tersebut bila sudah digabungkan menjadi 1 kalimat maka memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna untuk membantu meningkatkan kinerja manusia didalam menjalani aktivitas sehari-hari khususnya dibidang perkantoran.
Tinjauan Pustaka
Kroenke, David, (1989) menyimpulkan bahwa, “SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi”.
Mc. Leod, (1995) menyimpulkan bahwa, SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Stoner, (1996) menyimpulkan bahwa, “SIM merupakan metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian”.
Abdul Kadir , (2002) menjelaskan bahwa, “SIM adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi”.
Pembahasan
Definisi SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Disini saya mencoba untuk memaparkan satu demi satu kata dari ketiga rangkaian pembentuk kata SIM diatas, diawal terdapat kata Sistem yang merupakan sekumpulan dari elemen yang saling berhubungan satu sama lain sehingga membentuk satu kesatuan dalam upaya mencapai suatu tujuan bersama. Sebagai contoh di dalam suatu perusahaan, yang dimaksud dengan elemen dari sistem adalah departemen-departemen internal yang ada, seperti persediaan barang mentah, produksi, persediaan barang jadi, promosi, penjualan, keuangan, personalia, beserta pihak eksternal yang tidak ketinggalan seperti supplier dan konsumen yang saling terkait satu sama lain dan membentuk satu kesatuan usaha.
Kemudian dikata kedua terdapat kata Informasi yang merupakan hasil dari pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang lebih mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan sehingga dibutuhkan oleh orang untuk menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada.
Dan yang terakhir terdapat kata Manajemen yang terdiri dari proses atau kegiatan yang dilakukan oleh para pengelola perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi guna untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sejak awal.
Dari ruang lingkup di atas, beberapa ahli telah memberikan rumusan tentang sistem informasi manajemen, antara lain :
ü  SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David, 1989).
ü  SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995).
ü  SIM merupakan metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996).
Sekarang kita beralih ke pembahasan berikutnya yaitu :
Fungsi SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Didalam SIM ini terdapat beberapa fungsi yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk menjalani aktifitasnya sehari-hari, diantaranya :
• Pencarian data.
• Penginformasian data kepada user (dapat berupa report text, dalam bentuk tabel, atau dalam bentuk grafik).
• dan Penyimpanan data.
Penutup Dan Saran
Akhirnya dari definisi-definisi yang ada di atas dapat kita ambil kesimpulan, bahwa SIM adalah sebuah sistem manusia / mesin yang terpadu (Integrated) untuk menyajikan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi. Dengan adanya SIM ini, sebuah perusahaan mengharapkan suatu sistem yang dapat bekerja secara cepat,efisien dan akurat sehingga produktivitas kerja di perusahaan dapat lebih meningkat.
Yang perlu diingat dari semua ini adalah jangan sampai dengan keberadaannya sistem tersebut justru menimbulkan masalah baru didalam perusahaan. Pintar-pintar lah kita mensiasati segala sesuatu guna mencapai tujuan yang kita inginkan.
Referensi
http://www.simkes.co.cc/2010/02/definisi-sim.html
http://www.ittelkom.ac.id
Modul dari dosen semester 1 mata kuliah Pengantar Sistem Informasi (Ibu Miftahul Janah)
http://blog.re.or.id/definisi-sistem-informasi-manajemen.htm
http://definisi-pengertian.blogspot.com/2010/06/pengertian-sistem-informasi-manajemen.html
http://mas-devid.blogspot.com/2009/02/pengertian-sistem-informasi-manajemen.html
http://hayfarina.wordpress.com/
http://lisnanhannaa.blogdetik.com/2010/03/01/tugas-sistem-informasi-manajemen/
Buku karangan Raymond Mc. Leod yang berjudul “Sistem Informasi Manajemen” Jilid 1 & 2
Buku karangan Abdul Kadir yang berjudul “Pengenalan Sistem Informasi”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A.C. Milan