Senin, 02 Januari 2012

Komponen – komponen yang Dapat Mendukung SIM (Sistem Infomasi Manajemen)

Pendahuluan
Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap sistem itu pasti membutuhkan yang namanya komponen-komponen pendukung. Tidak dapat dipungkiri adanya Sistem Informasi Manajemen pun memiliki beberapa komponen pendukung untuk menjalankannya guna mendapatkan hasil yang maksimal.
Ada macam-macam komponen pendukung SIM yaitu diantaranya: Hardware, Software, Prosedur, Database, Decision Support System(DSS), Information Resource Management(IRM), User Machine System, Synergystic Organization dll.
Tinjauan Pustaka
Drs. Moekijat, (2005) menyimpulkan bahwa, “SIM atau yang biasa dikenal dengan Sistem Informasi Manajemen adalah jaringan prosedur pengelolaan data yang diperkembangkan dalam suatu organisasi dan disatukan apabila dianggap perlu, dengan maksud memberikan data kepada manajemen setiap waktu diperlukan, baik data yang bersifat Intern maupun yang bersifat Extern, untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi”.
O’Brien dan sumber internasional lainnya menyimpulkan bahwa, “Ada 5 komponen yang mendasari konsep sistem informasi yaitu: Hardware, Software, Data, Network dan People”.
Pembahasan
Komponen-komponen Pendukung SIM
Komponen pendukung yang pertama adalah Hardware yang memiliki peranan sebagai perangkat keras bagi suatu sistem informasi atas komputer.
Komponen pendukung yang kedua terdapat Software yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu :
  • Software Sistem yang terdiri dari:
    • Sistem Operasi.
    • Penerjemah Bahasa.
    • Program Utility.
  • Software Aplikasi yang terdiri dari:
    • Software Aplikasi Pemrograman Sendiri.
    • Software Aplikasi Paket Jadi.
Lalu ada Prosedur / Pedoman yang merupakan komponen fisik karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik.
Seperti : buku panduan dan instruksi.
Kemudian ada Sistem Database yang merupakan sebuah bank data yang dapat dijangkau oleh sistem. Database mencangkup seluruh data perusahaan yang peranannya sangat penting bagi kelancaran organisasi, sehingga diperlukan suatu manajemen pengolahan yang baik didalamnya.
Selanjutnya ada Decision Support System ( DSS ) yang dapat didefinisikan sebagai penerapan sistem informasi yang membantu aktivitas pengambilan keputusan. DSS lebih cenderung biasa digunakan dalam perencanaan untuk menganalisis alternatif serta pecarian pemecahan masalah melalui salah satu sistem yang ada.
Information Resource Management ( IRM )
Merupakan cara pendekatan terhadap manajemen yang didasarkan atas konsep pemikiran bahwa informasi tersebut merupakan sebuah konsep organisatoris. Ruang lingkupnya pun mencakup komunikasi data dan pemrosesan kata. Konsep IRM menekankan pada efektifitas organisatoris sumber sistem informasi daripada spesifikasi teknikal atau efesiensi perangkat keras dan perangkat lunak.
User Machine System dapat diartikan bahwa perancang sebuah sistem informasi manajemen harus memahami kemampuan yang dimiliki manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusia dalam pengambilan sebuah keputusan.
Dan yang Terakhir adalah Synergystic Organization yang merupakan sifat pengaturan dalam kerjasama sehingga menghasilkan produksi total dari seluruh anggota organisasi ( totalitas ) lebih besar daripada jumlah dari hasil anggota organisasi tersebut.
Penutup dan Saran
Sekian pembahasan yang dapat saya berikan kepada para pembaca apabila terdapat kesalah-kesalahan pengetikan saya mohon maaf. Semoga Ilmu di atas dapat bermanfaat dan menjadi modal untuk kita diluar sana.
Sebelum kita memulai organisasi ada baiknya untuk kita mempelajari komponen-komponen pendukung yang dapat memaksimalkan hasil yang kita inginkan. Namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan jangan sampai kinerja kita kalah dengan adanya Sistem Informasi Manajemen ini.
Referensi

http://22adi.blogspot.com/2010/01/komponen-pendukung-sim.html
Modul dari dosen semester 1 mata kuliah Pengantar Sistem Informasi (Ibu Miftahul Janah)
http://manajemenaset09.blogspot.com/2008/09/komponen-sim.html?zx=4499b13f0915f359
Buku karangan Abdul Kadir yang berjudul “Pengenalan Sistem Informasi”
Buku karangan Raymond Mc. Leod yang berjudul “Sistem Informasi Manajemen” Jilid 1 & 2
http://s2.wahyudiharto.com/2009/05/konsep-sistem-informasi-manajemen.html
http://mustofaabihamid.blogspot.com/2010/07/komponen-sistem-informasi-manajemen-sim.html
http://www.gudangmateri.com/2010/07/komponen-sistem-informasi-manajemen.html
http://nursrimulyani.blogdetik.com/category/sim/
http://s2.wahyudiharto.com/labels/Sistem%20Informasi%20Manajemen.html
VN:F [1.6.8_931]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A.C. Milan